Blogger news

Selamat Datang Pencinta Fisika di Seluruh Indonesia.Bagi anda yang sangat ingin tahu tentang manfaat ilmu fisika dalam kehidupan nyata, silakan anda membaca artikel artikel yang tersedia. Fisika bukanlah rumus belaka. Fisika bukan sekumpulan kertas penuh angka yang berserakan tanpa makna. Fisika bukan setumpuk kosa kata membingungkan tanpa realita. Fisika tidak menjadikan keras hati, atau menjadikan kaku kepribadian. Fisika juga bukan ratapan penyesalan ataupun visualisasi kemuraman.Fisika itu ilmu yang memberikan pencerahan, cahaya terang yang menyapu dengan lembut kegelapan, yang menjadikan manusia mengenal dunianya. Fisika membuat manusia memanusiakan manusia, dan menjadikan peduli terhadap lingkungannya. Fisika penuh impian dan keceriaan.mari kita pelajari fisika secara realita.blog ini masih dalam tahap pengembangan,saran dan kritik sangat dianjurkan. terima kasih.

Fisika dan Realita Sosial Kehidupan

Rabu, 03 Juni 2009 ·

osted by Husin on Dec 1, '07 8:46 PM for everyone
Buat saya, menariknya Fisika bukan hanya karena kemampuannya menyederhanakan hal-hal yang terlihat kompleks dan abstrak. Tetapi juga karena banyak fenomena alam yang dituangkan dalam bahasa Fisika memiliki keselarasan dalam konteks kehidupan sosial kita. Berikut diantaranya:

1. Dalam termodinamika, kita mengenal hukum kedua yang diajukan dalam dua versi: 1. Mesin Kalor dan 2. Mesin Pendingin. Dalam versi mesin kalor dikatakan bahwa kita tidak dapat mengubah seluruh kalor menjadi usaha tanpa harus membuang sebagian kalor ke tempat dengan suhu lebih rendah. Artinya, dalam hidup ini, jika anda memperoleh penghasilan dari reservoir uang yang besar, maka anda harus menyisihkan sebagian ke reservoir uang yang kecil (dalam hal ini kaum dhuafa) dan tidak boleh membelanjakan semuanya. Untuk versi yang kedua, adalah tidak mungkin kita mengambil kalor dari suhu rendah untuk dibuang ke tempat suhu tinggi tanpa melakukan usaha. Ini mengindikasikan bahwa orang yang memperoleh uang harus dengan usaha yang proporsional, semakin banyak uang yang didapat semakin besar pula kerja yang diperlukan. Jangan sebaliknya, seperti koruptor, kerja sedikit...penghasilan banyak.

2. Dalam Fisika dikenal konsep tekanan yang didefinisikan sebagai jumlah gaya tegak lurus dibagi luas permukaan. Gaya merupakan pengaruh dari luar, sementara luas permukaan adalah intrinsik milik objek. Jika dianalogikan bahwa gaya merupakan hal-hal yang mempengaruhi kita akibat kesulitan hidup dan luas permukaan dianalogikan dengan keluasan hati. Jika kita memiliki hati yang luas, maka tekanan hidup yang merupakan pembagian antara kesulitan dan keluasan hati akan kecil dan akhirnya kita selalu menjadi orang yang bersyukur.

3. Dari Mr. P. Silaban, Ph.D, former Guru Besar Fisika ITB. Elektron di dalam atom, untuk berpindah dari satu keadaan ke keadaan lainnya selalu membutuhkan energi yang besarnya tertentu. Jika kurang energinya dia tidak akan berpindah. Jika lebih energinya, dia hanya mengambil yang diperlukan dan sisanya dikembalikan. Alam mengajarkan kita untuk tidak berperilaku koruptif. Ambillah apa yang sudah menjadi hak dan jangan mencoba untuk mengambil lebih. Pelajaran ini penting untuk para koruptor!

4. Anda mengetahui ungkapan Time is Money yang mengindikasikan bahwa Time = Money. Kemudian juga Knowledge is Power yang berarti Knowledge = Power. Dalam Fisika yang dinamakan Power atau Daya didefinsisikan sebagai Power = Energy / Time, atau Energy = Power x Time. Dari zaman nenek moyang para Fisikawan sudah diketahui bahwa energi adalah sesuatu yang kekal atau dengan kata lain konstan. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa Energy = Power x Time ekuivalen dengan mengatakan Constant = Knowledge x Money. Jika Knowledge ~ Otak, sementara Money tidak lain adalah Duit.....maka jelas teorema berikut berlaku: Duit x Otak = Konstan. Perhatikanlah lingkungan sosial di sekitar anda..banyak sekali pembuktian atas teorema ini..tapi maaf saya tidak ingin membahas contohnya karena cukup sensitif dan terkait dengan KKN...:D..off course you can argue!

Artikel Yang Berkaitan



0 comments:

Posting Komentar

obrolan

Blog Tutorial

Pengikut

PageRank