Blogger news

Selamat Datang Pencinta Fisika di Seluruh Indonesia.Bagi anda yang sangat ingin tahu tentang manfaat ilmu fisika dalam kehidupan nyata, silakan anda membaca artikel artikel yang tersedia. Fisika bukanlah rumus belaka. Fisika bukan sekumpulan kertas penuh angka yang berserakan tanpa makna. Fisika bukan setumpuk kosa kata membingungkan tanpa realita. Fisika tidak menjadikan keras hati, atau menjadikan kaku kepribadian. Fisika juga bukan ratapan penyesalan ataupun visualisasi kemuraman.Fisika itu ilmu yang memberikan pencerahan, cahaya terang yang menyapu dengan lembut kegelapan, yang menjadikan manusia mengenal dunianya. Fisika membuat manusia memanusiakan manusia, dan menjadikan peduli terhadap lingkungannya. Fisika penuh impian dan keceriaan.mari kita pelajari fisika secara realita.blog ini masih dalam tahap pengembangan,saran dan kritik sangat dianjurkan. terima kasih.

keunikan hujan

Kamis, 17 Maret 2011 ·


indonesia merupakan daerah tropis, dimana ada dua musim yaitu musin hujan dan musim kemarau. namun akhir-akhir ini, diindonesia terjadi anomali iklim, dimana sekarang yang kita rasakan lebih banyak musim hujannya daripada musim kemaraunya. yang seharusnya sekarang musim kemarau malahan diisi musim hujan. disini saya akan memaparkan hal-hal yang unik dari air hujan. mau tau???AYO KITA KE TKP.

1. Rata-rata kecepatan hujan turun adalah 8-10 km/jam.
Tidak secepat yang seperti kita bayangkan bukan? Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang relatif rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan terdesain berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan yang menghambat kecepatan hujan, maka bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan. Betapa mengerikan.

2. Ketinggian minimal awan hujan adalah 1.200 meter.
Awan hujan sering disebut sebagai awan Genus Nimbostratus berpotensi terhadap curah hujan frontal. Awan tersebut minimal mempunyai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Meskipun begitu, ada juga awan hujan di ketinggian 10.000 meter.

3. Dalam rentang waktu satu detik, air menguap sebanyak 16 juta ton.
Jumlah yang sangat dahsyat. Sobat bisa bayangkan betapa banyaknya air 16 juta ton. Air sebayak itu menguap setiap detik pasca hujan. Jumlah ini sama dengan jumlah hujan yang turun tiap detiknya. Sebuah kebesaran Tuhan, air berdaur dengan begitu hebatnya.

4. Butiran air hujan mengalami perubahan bentuk ratusan kali.
Selama perjalanan di udara, tetes-tetes air hujan senantiasa mengalami perubahan bentuk. Diperkirakan air hujan akan mengalami ratusan kali perubahan bentuk jika turun dari langit. Dan jika butiran itu dibekukan, akan terbentuk suatu kristal yang sangat indah.

5. Bau wangi setelah hujan.
Tak disangka, sesaat setelah hujan turun, rumput, ilalang, dan tanah mengeluarkan bau khas yang wangi. Bau ini terbentuk dari senyawa yang dinamakan "Petrichor".

6. Hujan berhubungan dengan perasaan.
Dan fakta terakhir yang paling misterius dan mengejutkan ilmuwan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan bahwa di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang dilanda rindu.
Dan pada titik ini, para ilmuwan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi saat hari hujan.

kutipan dari :www.hidupmu.co.tv

Artikel Yang Berkaitan



0 comments:

Posting Komentar

obrolan

Blog Tutorial

Pengikut

PageRank