Blogger news

Selamat Datang Pencinta Fisika di Seluruh Indonesia.Bagi anda yang sangat ingin tahu tentang manfaat ilmu fisika dalam kehidupan nyata, silakan anda membaca artikel artikel yang tersedia. Fisika bukanlah rumus belaka. Fisika bukan sekumpulan kertas penuh angka yang berserakan tanpa makna. Fisika bukan setumpuk kosa kata membingungkan tanpa realita. Fisika tidak menjadikan keras hati, atau menjadikan kaku kepribadian. Fisika juga bukan ratapan penyesalan ataupun visualisasi kemuraman.Fisika itu ilmu yang memberikan pencerahan, cahaya terang yang menyapu dengan lembut kegelapan, yang menjadikan manusia mengenal dunianya. Fisika membuat manusia memanusiakan manusia, dan menjadikan peduli terhadap lingkungannya. Fisika penuh impian dan keceriaan.mari kita pelajari fisika secara realita.blog ini masih dalam tahap pengembangan,saran dan kritik sangat dianjurkan. terima kasih.

Tips Belajar Fisika

Kamis, 30 Juli 2009 ·


Belajar Fisika memang tidak seperti halnya belajar mata pelajaran yang lainnya. Dalam belajar Fisika PERLU ada 3 hal yang harus dikuasai :
1. Konsep Fisika
2. Rumus
3. Hitungan

Konsep Fisika sendiri perlu dipelajari dengan mengamati gejala-gejala alam maupun fenomena yang didapat melalui praktikum di sekolah atau di lapangan.
Konsep Fisika ini akan membantu dalam tahap pembentukan Rumus Fisis sehingga nantinya siswa tahu kenapa Arus itu berbanding dengan Hambatan, Gaya berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dan lain sebagainya.

Rumus
Rumus jadi yang diberikan di tingkat SMP,SMA, SMK sebenarnya untuk mempermudah saja, karena sebenarnya perolehan rumus itu butuh proses diferensial / integral. Rumus ini akan diingat dan dipahami dengan baik, jika konsep fisikanya sudah bagus.
Menghitung
Hal yang penting lagi dalam mengerjakan soal-soal fisika adalah menghitung, meskipun bentuk soal fisika tidak harus hitungan. Jangan sampai siswa kecewa, sudah tahu rumus dan konsep tapi hasil hitungannya masih keliru sehingga jawaban salah.
SELAMAT MENCOBA

Artikel Yang Berkaitan



0 comments:

Posting Komentar

obrolan

Blog Tutorial

Pengikut

PageRank