Blogger news

Selamat Datang Pencinta Fisika di Seluruh Indonesia.Bagi anda yang sangat ingin tahu tentang manfaat ilmu fisika dalam kehidupan nyata, silakan anda membaca artikel artikel yang tersedia. Fisika bukanlah rumus belaka. Fisika bukan sekumpulan kertas penuh angka yang berserakan tanpa makna. Fisika bukan setumpuk kosa kata membingungkan tanpa realita. Fisika tidak menjadikan keras hati, atau menjadikan kaku kepribadian. Fisika juga bukan ratapan penyesalan ataupun visualisasi kemuraman.Fisika itu ilmu yang memberikan pencerahan, cahaya terang yang menyapu dengan lembut kegelapan, yang menjadikan manusia mengenal dunianya. Fisika membuat manusia memanusiakan manusia, dan menjadikan peduli terhadap lingkungannya. Fisika penuh impian dan keceriaan.mari kita pelajari fisika secara realita.blog ini masih dalam tahap pengembangan,saran dan kritik sangat dianjurkan. terima kasih.

Maju, tapi kok seperti Mundur.

Senin, 25 Juli 2011 ·


ketika kita sedang duduk-duduk di warung tepi jalan sambil melihat lalu lalang kendaran atau sedang menonoton tv balapan mobil atau motor,mobil atau motor sedang menikung kita akan melihat seolah olah ban mobil berputar kebelakang padahal mobil bergerak kedepan. mengapa bisa terjadi demikian?mau tau jawabannya?lanjutkan..
Fenomena seolah-olah berbalik arah itu dikarenakan keterbatasan mata kita. Mata kita mempunyai kemampuan melihat 12 - 14 frame per detik. Kalau pernah melihat orang membuat film kartun, sebanyak 12 - 14 lembar gambar yang ditayangkan di teve berurutan dalam jangka waktu sedetik itulah gerakan yang masih bisa ditangkap mata kita dengan benar.

Ketika serangkaian gambar diputar lebih cepat dari 14 frame per detik, mata kita kewalahan. Serangkaian gambar itu akan dilihat sebagai sesuatu yang kontinyu. Nah, biasanya sebuah film diputar dengan kecepatan 32 frame per detik. Jika dalam film ada roda berputar dengan ke-cepatan 32 putaran per detik kita akan melihat roda itu diam. Jika rodanya berputar lebih cepat, roda kelihatan maju, tetapi ketika lebih lambat, roda kelihatan mundur.

Jadi, ketika roda mula-mula berputar dengan kecepatan 40 putaran per detik lalu diperlambat menjadi 20 putaran per detik, arah putaran roda dapat terlihat berbalik arah.

sumber : http://www.yohanessurya.com/activities.php?pid=20204&id=178

Artikel Yang Berkaitan



2 comments:

ahmil bajoe mengatakan...
25 Juli 2011 pukul 23.33  

wah..masuk akal juga ntuh...kalo gak salah di ilmu fisika dibilang percepatan dan perlambanan..atau glbb dan glb dan semacamnya hihihih

Anonim mengatakan...
10 Agustus 2011 pukul 09.37  

ya gitu deh..inikan sebenarnya sepele, tapi ada ilmunya.itulah isika hehehe..

Posting Komentar

obrolan

Blog Tutorial

Pengikut

PageRank